Thursday 8 September 2011

Blitar Kota Wisata

1. Pusat Infomasi Pariwisata dan Perdagangan Kota Blitar
Pusat Infomasi Pariwisata dan Perdagangan merupakan pusat layanan informasi tentang pariwisata dan perdagangan yang terdapat di kota Blitar. Areanya yang luas juga berfunsi sebagai Pelataran Parkir Kawasan Makam Bung Karno terutama bagi wisatawan asing dan domestik yang berasal dari luar kota. Selain itu kawasan ini juga sering digunakan sebagai tempat pagelaran kebudayaan tradisional seperti Wayang, jaranan, Ketoprak, Ludrug, Reok, dansebagainya. Juga ekspo tahunan selalu diselenggarakan di kawasan ini.
Pusat Infomasi Pariwisata dan Perdagangan Kota Blitar ini diresmikan pada tanggal 3 Juli 2004 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri(presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu). Bersamaan peresmian Pusat Infomasi Pariwisata dan Perdagangan, terdapat objek lainnya yang juga ikut sera diresmikan, antara lain Stadion Gelora Soeprijadi, Pasar Legi, dan Perpustakaan Bung Karno.

2. Makam Proklamator
Makam Proklamator atau makam Bung Karno, merupakan makan pertama Presiden Republik Indonesia yang terletak di Kelurahan Bendo Berit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar. Kawasan wisata ini terdiri dari beberapa lokasi diantaranya  (1) lokasi Perpustakaan Bung Karno yang merupakan Perpustakaan Riwayat Perjuangan Bung Karno dan sekaligus sebagai pusat studi terpadu; (2) lokasi Musium Bung Karno yang banyak menyimpan barang yang berkaitan dengan Bung Karno, seperti lukisan Bung Karno yang bisa berdetak sendiri, dan beberapa koleksi mata uang Indonesia Kuno(beberapa koleksi mata uang Bung Karno mampu menggulung dengan sendirinya; (3) lokasi Lapangan Teater yang kerap digunakan untuk berbagai pementasan seni budaya dan pagelaran layar lebar; (4) lokasi makam Bung Karno itu sendiri; dan (5) lokasi penjualan barang khas Bung Karno yang menjual berbagai assesories dan baju dengan tema Bung Karno serta juga menjual beberapa barang keseniaan khas blitar;(6) Kebun Binatang Mini, disini dijumpai berbagai satwa langka, seperti landak, merak, buaya, simpanse, kera, ular, sapi berkaki tiga, kambing bertanduk dan lain-lain.

3. Istana Gebang
Istana Gebang sering juga disebut sebagai Dalem Gebang, merupakan rumah tempat tinggal orang tua Bung Karno,. Istana ini bertempat di jalan Sultan Agung 69, Kelurahan Sananwetan, Kecamatan Sananwetan. Setiap bulan juli Istana Gebang ramai dikunjungi orang baik dalam rangka Haul Bung Karno atau karena ada kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemeritah Kota Blitar, seperti Grebeg Pancasila.

4. Makam Adipati Arya Blitar
Makam Adipati Arya Blitar terletak di Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar.
Seringkali Makam Adipati Arya Blitar ramai dikunjungi wisatawan pada bulan Suro dan juga setiap malam jumat legi. Kebanyakan wisatawan mengujungi makam ini untuk berziarah.

5. Monumen Supriyadi
Monumen Supriyadi merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang peristiwa perjuangan tentara PETA  yang dipimpin oleh Shodanco Supriyadi melawan tentara Jepang. Monumen itu dibangun di depan bekas markas tentara PETA. Jumlah patung keseluruhan ada 7.

6. Taman Makam Pahlawan
Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya, taman ini dibangun sebagai tempat pemakaman para Pahlawan Bangsa yang berada di Blitar. Hingga tahun 2010 ini telah terdapat 871 makam, rinciannya 436 di sebelah kiri dan 435 makam di sebelah kanan

No comments:

Post a Comment